Lompat ke isi utama

Gambaran Umum

Kota Batu dengan luas 19.908,70 Ha (199.09 Km2) terdiri dari 3 Kecamatan, 19 Desa dan 5 Kelurahan. Memiliki Panorama Pegunungan Indah yang eksotik di ketinggian 700 – 2.000 MDPL, dikelilingi Gunung Arjuno, Welirang, Anjasmoro, Panderman dan Pengunungan Banyak, dengan suhu udara rata-rata sekitar 22° C. Dengan kekayaan alam yang luar biasa didukung dengan udara yang sejuk maka Kota Batu sering disebut " De Kleine Switzerland ".

Dianugerahi alam yang luar biasa Kota Batu berada dikawasan Hutan Tahura R. Soeryo dan Perum Perhutani dengan Total 11.000 Hektar. Memiliki 160 sumber air dan sebagai titik Nol Hulu Sungai Brantas yang menyusuri 16 kab/kota di Jawa Timur. Potensi alam, seni, dan budaya yang berada di masing-masing desa memiliki ciri khas yang unik untuk terus dieksplorasi, sehingga muncul potensi atraksi yang bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Berdasarkan Visi Kota Batu Desa Berdaya Kota Berjaya, Pemerintah Kota Batu terus mendorong percepatan pengembangan usaha pariwisata yang meliputi pengembangan destinasi dan industri wisata, akomodasi wisata, jasa wisata, seni budaya dan ekonomi kreatif. Diharapkan potensi wisata yang ada dapat berkembang dan terwujud dengan maju dan mandiri, terkait dengan kondisi pariwisata di kota batu secara statistik adalah sebagai berikut

infografis